• Pintu Gerbang
  • Pintu Masuk Terminal Penumpang
  • Ruang Boarding Pass Penumpang
  • Ruang Duduk Penumpang
  • Ruang Duduk Penumpang Lantai Atas
  • Selamat Datang
  • Selamat Datang
  • Dermaga Pontianak
  • Sukabangun Ketapang Kalbar
  • Rute Semarang - Kumai  PP
  • Rute Semarang - Pontianak  PP
  • Rute Semarang - Kumai  PP
  • Rute Semarang - Pontianak PP
  • Rute Semarang - Sampit  PP
  • Rute Semarang - Kumai  PP
  • Rute Semarang - Kumai - Surabaya PP
  • "
  • Rute Semarang - Kumai PP
  • Rute Semarang - Ketapang Kalbar PP
  • Tanjung Emas
  • Tanjung Emas
  • Tanjung Emas

Selasa, 23 Juli 2013

KKP Semarang Persiapankan Arus Mudik lebaran 2013


Adalah tugas pemerintah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan selama arus mudik/balik lebaran. Tugas ini harus dilakukan secara terpadu oleh semua instansi yang terkait. Dalam bidang kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bertanggungjawab untuk mengkoordinasikan semua potensi kesehatan yang ada di pelabuhan/bandara/lintas batas darat untuk mendukung pelayanan kesehatan selama arus mudik/balik lebaran. Hal ini dikatakan oleh Kepala KKP Kelas II Semarang, dr. Anas Ma’ruf MKM, ketika membuka Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Pelayanan Arus Mudik/Balik di Pelabuhan Tanjung Emas dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan pada Senin (8/7/2013) di aula KKP Kelas II Semarang, jl M Pardi no. 3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Hadir pada rapat tersebut perwakilan PT Angkasa Pura I Bandara A Yani, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas, RS Pelindo, Puskesmas yang berada di sekitar pelabuhan/bandara, PT Jasa Raharja, dan klinik perusahaan yang berada di wilayah pelabuhan. Selain itu juga hadir pejabat struktural, koordinator wilker  dan staf terkait di KKP Kelas II Semarang.

 Kepala Kantor mengharapkan agar semua komponen kesehatan di pelabuhan/bandara untuk berperan dalam pelayanan kesehatan ini. Dikoordinasikan peran masing-masing instansi, siapa melakukan apa. Selanjutnya dr. Anas menyampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh KKP Semarang dalam rangka pelayanan kesehatan arus mudik/balik lebaran 2013 antara lain :
  1. Rapat koordinasi persiapan bidang kesehatan dalam rangka arus mudik/balik lebaran tahun 2013 di wilayah KKP Semarang, dilakukan pada tanggal 8 Juli 2013. Rapat melibatkan lintas program dan lintas sektor terkait di lingkungan pelabuhan laut dan bandara.
  2. KKP Semarang berencana menyiagakan 4 (empat) pos kesehatan yaitu :
  1. Poskes Pelabuhan Laut Tanjung Emas Semarang (masa kerja 32 hari : tanggal 24 Juli  s/d 24 Agustus 2013);
  2. Poskes Pelabuhan Laut Kartini Jepara (masa kerja 16 hari : tanggal 1 s/d 16 Agustus 2013);
  3. Poskes Bandara Ahmad Yani Semarang (masa kerja 16 hari : tanggal 1 s/d 16 Agustus 2013);
  4. Poskes Bandara Adi Sumarmo Surakarta (masa kerja 16 hari : tanggal 1  s/d 16 Agustus 2013).
Masa kerja masing-masing pos kesehatan masih tentatif, menyesuaikan instruksi otoritas pelabuhan/bandara.
Setiap poskes melibatkan lintas program/sektor terkait di pelabuhan/bandara dan dinas kesehatan setempat.
  1. Pemeriksaan skrining penyakit tidak menular (tekanan darah dan gula darah) di masing-masing posko kesehatan.
  2. Pemeriksaan skrining alkohol dan narkoba untuk ABK dan sopir truk di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang (15 Juli s/d 2 Agustus 2013).
  3. Pemeriksaan skrining malaria / Surveilans Migrasi Malaria bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan BLK Jawa Tengah.
  4. Pemeriksaan rektal swab penjamah makanan di lingkungan pelabuhan/bandara.
  5. Kegiatan pengendalian faktor risiko dan sanitasi lingkungan berupa :
  1. Pemberantasan vektor (tanggal 3 s/d 4 Juli 2013)
  2. Inspeksi sanitasi TPM/TPU (tanggal 8 s/d 12 Juli 2013)
  3. Pengambilan sampel makanan dan minuman (tanggal 8 s/d 12 Juli 2013)
  4. Pemasangan perangkap tikus (tanggal 8 s/d 12 Juli 2013)
Kegiatan ini dilakukan terutama di terminal penumpang.
  1. Membuat/mencetak spanduk/poster/leafletberisi pesan kesehatan/keselamatan selama mudik lebaran, penyakit  MERS-CoV, dll.
  2. Melakukan rapat koordinasi  evaluasi pasca arus mudik/balik lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar